Yuk Belajar Membuat Puisi Ibu Untuk Anak SD

Puisi ibu untuk anak sd tentu akan berbeda untuk puisi yang dibuat oleh anak – anak SMA ataupun anak kuliahan. Perbedaan  tersebut terletak dari kosa kata yang dimiliki oleh anak Sd dengan tingkat – tingkat yang lebih tinggi. Dengan banyaknya kosa kata yang dimiliki oleh anak sekolas tingkatan lebih tinggi tentu tidak bisa dibandingkan dengan tingkat anak sd yang masih memiliki kosa kata dan kemampuan mengekspresikan sebuah kata dengan terbatas. Akan tetapi tidak perlu takut lagi, karena banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu anak – anak sd ini mengapresiasikan keinginan mereka dalam membuat puisi.

  1. Bahasa yang mudah dipahami

Untuk anak – anak tingkat sekolah dasar bahasa yang telah mereka kenal sehari – hari tentu adalah salah satu jalan termudah untuk dapat mengapresiasikan diri. Anak – anak sekolah dasar belum mampu menggunakan pembahasaan yang menggunakan berbagai metafora dan majas yang akan membuat sebuah puisi menjadi semakin susah untuk dimengerti artinya.

  1. Tidak terlalu panjang

Untuk tingkat sekolah dasar membuat  puisi ibu biasanya memerlukan waktu yang cukup lama karena terkedang mereka ingin menuliskan semua hal tentang ibu mereka di lembar puisi tersebut. Hal ini akan membuat kualitas dari puisi menurun karena terlalu banyak kata. Dan untuk anak sekolah dasar puisi yang terlalu panjang akan membuat teman – teman yang lain juga bosan.

  1. Tema umum

Untuk sekolah dasar tema yang dapat digunakan adalah tema – tema umum yang dapat dengan mudah mereka buat tulisan. Tema umum ini berkisar bagaimana mereka sangat menyayangi ibu hingga bagaimana ibu merawat mereka hingga sampai seperti sekarang ini.

  1. Kenangan

Siswa sekolah dasar dapat memilih sebuah kenangan yang tidak terlupakan tentang ibu mereka. Kenangan – kenangan tersebut dapat pula digunakan sebagai tema. Kesederhanaan dari kata akan membuat sebuah momen dan perasaan tersendiri bagi para pendengarnya. Apalagi jika yang membacakan puisi adalah anak – anak tinggi rendah golongan kelas 5 atau kelas 6 tingkat sekolah dasar.

Author: Jenny Williamson