Sejarah Permainan Bola Voli Berasal Dari

Tahukah Anda bahwa permainan bola voli telah diciptakan sejak tahun 1895? Ya, permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan tepatnya tanggal 9 Februari 1895, empat tahun setelah James Naismith menemukan permainan bola basket. Saat itu, permainan ini ditujukan pada anggota YMCA (Young Men’s Christian Associasion), yang pada awalnya dinamakan permainan Mintonette. Gerakan mintonette tidak seaktif permainan bola basket, sebab diperuntukan anggota yang tidak muda. Nama “bola voli” diresmikan ketika demonstrasi pertandingan pertama di Internasional YMCA Training School tahun 1896.

Permainan ini tergolong sulit karena membutuhkan teknik-teknik yang harus ditekuni. Tidak seperti sepak bola maupun bola basket, bola voli tidak dipatok oleh waktu. Pemenang dapat ditentukan ketika tim mampu mengumpulkan poin hingga 25, dengan menjatuhkan bola voli di lapangan lawan. Disetiap kemenangan maka seluruh pemain dari tim yang menang harus pindah posisi searah jarum jam. Penentuan kemenangan bisa menggunakan sistem two winning set atau three winning set. Permainan bola voli berasal dari  Amerika Serikat, tepatnya Hoyloke, Massachuset. Terdiri dari 2 tim di mana satu tim terdapat 6 pemain. Dalam hal ini, ada 4 peranan yaitu tosser, smasher, libero, dan defender. Perlu diketahui bahwa bola voli merupakan perpaduan dari jenis bola basket, baseball, tenis, serta handball.

Pertandingan bola voli dipimpin oleh seorang wasit dan empat orang penjaga garis serta pencatat skor. Berjalannya pertandingan diawali dengan servis. Servis merupakan serangan pertama dari regu. Servis dapat terdiri dari servis tangan atas dan servis tangan bawah. Induk organisasi bola voli internasional yaitu FIVB atau Federation Internationale de Volleyball. Sedangkan PBVSI  (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) adalah induk organisasi bola voli di Indonesia.

Dalam permainan bola voli ada peraturan. Tahukah Anda peraturannya apa saja? Untuk lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 18×9 meter. Jaring netnya memiliki panjang 9,5 meter dengan lebar 1 meter. Untuk tinggi net putri 2,24 meter, sedangkan untuk putra 2,43 meter. Bola voli memiliki berat berkisar 250-280 gram dengan diameter 65-67 meter. Sekian pembahasan diatas, untuk selengkapnya bisa dilihat pada situs RuangQQ. Semoga bermanfaat.