• Home
  • Produksi
  • Memperpanjang Masa Guna Kawat Seling Stainless

Memperpanjang Masa Guna Kawat Seling Stainless

kawat seling stainless

Bahan dan jenis kawat seling atau wire rope memang begitu beragam saat ini. Nah, sebagai pemakai jenis kawat seling stainless tentu ada cara khusus dalam perawatannya. Sehingga nilai guna dan fungsinya di areal industri yang sedang Anda tempati akan jauh lebih lama digunakan.

Siapa sangka pemakaian seling selama ini memang sangat penting. Apalagi jika industri tempat Anda bekerja memang berurusan dengan berbagai jenis barang berat yang dipindahkan Dan diangkut menuju tempat yang berbeda. Untuk mendapatkan efisiensi operasional serta dalam langkah menghemat anggaran industri, berikut ini merupakan sejumlah cara yang tepat untuk merawat kawat seling.

Tips Merawat Kawat Seling Stainless

Meskipun jenis kawat seling stainless memang lebih unggul terkena air dibandingkan jenis lainnya, usahakan jika seling tersebut berada di tempat yang kering. Setidaknya dalam masa penyimpanan, pilihlah wilayah ataupun tempat di area industri Anda yang tidak langsung terkena air.

Berbagai tempat yang seringkali menimbulkan korosi seperti cipratan air laut dan uap bahan kimia memang begitu mengkhawatirkan. Tempatkanlah kawat seling pada sebuah tatakan atau palet. Hindari tempat yang berdebu, ramai lalu lintas kendaraan, yang paling penting adalah selalu melindunginya dengan memberikan penutup agar tidak terjadi interaksi dari aktivitas luar.

Jika terdapat kink atau loop pada kawat seling tentu saja akan membuat patah atau sobek keluar. Ketika mendapati hal tersebut lebih baik anda harus segera membuang bagian tersebut. Untuk lebih aman memang harus memotongnya karena bisa menimbulkan putus jika terlalu memaksa menggunakan pada crain. Maka dari itu untuk menghindarinya jangan menyeret kawat seling dan tidak menusuk bodi wire rope ketika membukanya awal pakai.

Apabila Anda ingin menggulung kawat seling pada sebuah drum maka lapisan pertama tersebut memang harus diperhatikan. Karena gulungan pada lapisan pertama memang akan mempengaruhi lapisan berikutnya. Sebaliknya lapisan pertama memang digulung secara rapat dengan tegangan sekitar 5-10% dari WWL. Jika anda menggunung nya terlalu longgar maka akan terdapat kawat yang terselip dan lapisan pertama menjadi tergencet.

Dan apabila anda ingin mendapatkan kualitas terbaik dalam segi pemakaian kawat seling stainless, pada waktu pertama kali gunakanlah kapasitas sedang terlebih dahulu. Fungsinya adalah memberikan kawat seling menyesuaikan dengan alat yang sedang bekerja. Lakukanlah penambahan beban secara bertahap untuk terus menjaga kekuatannya.