• Home
  • Produksi
  • Fungsi Kawat Seling Galvanis Sebagai Penangkal Petir

Fungsi Kawat Seling Galvanis Sebagai Penangkal Petir

kawat seling galvanis

Kawat seling merupkan kawat dari baja yang dipilin dan dibentuk menyerupai sebuah tali. Tali kawat seling galvanis ini banyak digunakan di berbagai industry untuk mengangkat atau menarik beban yang bobotnya sangat berat. Seperti jembatan, hasil tambang, pengangkat jaring dalam industry perikanan, tower dan lainnya.

Selain itu kawat seling juga digunakan untuk pemasangan tower triangle. Tower triangle ini sendiri banyak dipasang sebagai penangkal dari petir. Dibandingkan dengan tower monopole, tower triangle akan jauh lebih kuat jika menggunakan kawat seling galvanis. Kawat seling yang digunakan untuk tower triangle tentu bukan berasal dari bahan yang biasa yang umumnya dilapisi dengan selang plastik, melainkan terbuat dari baja yang keras.

Perbedaannya adalah pada bahan kawat biasa dapat anda temukan dengan mudah di toko material atau bangunan. Seiring berjalannya waktu kawat tersebut akan berubah menghitam dan putus. Bahan kawat biasa ini tidak dapat diprediksi, karena ketika tower dinaiki teknisi, bisa saja kawat putus secara tiba-tiba. Sedanngkan kawat baja keras hanya dapat anda dapatkan di toko-toko tertentu saja. Sebab kebutuhan akan alat telekomunikasi tidak semua toko menyediakannya. Dengan lapisan galvanis, kawat seling selalu terlihat memutih dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghitam.

Kawat baja keras ini juga tidak mudah diputuskan dengan gergaji, melainkan harus menggunakan sebuah guntuing khusus. Karena lama-kelamaan kawat seling baja ini juga bisa patah dan kemudian putus. Maka sebaiknya sebelum hal tersebut terjadi segeralah mengganti dengan kawat baja yang baru.

Usia pemakaian dari penggunakan kawat seling

Untuk usia pemakaian dan ketahanan dari kawat seling ini sendiri tergantung pada jenis dan lokasi tower. Untuk yang lokasinya berada jauh dari pantai, maka dapat bertahan lebih dari 5 tahun. Sedangkan untuk lokasi yang berdekatan denngan pantai, maka setiap 3 tahun sekali bisa diganti.

Jika tower sudah mulai goyang dan kawat baja terlihat menghitam, maka jangan melakukan perbaikan dengan penanganan sendiri. Anda dapat mempercayakan roses penggantian kawat seling galvanis tersebut kepada para teknisi yang sudah ahli dalam bidang penggantian kawat seling baja.

Untuk membeli kawat seling baja sendiri andajuga tidak boleh asal memilih. Pastikan anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai kawat seling dengan bertanya kepada ahlinya atau membaca tips-tips dalam memilih kawat seling baja.  Dengan pemilihan yyang tepat sesuai peruntukkan, maka anda juga tentu menjadi lebih puas