Efek Samping Konsumsi Obat Cytotec

Seringkali cytotec ini digunakan sebagai obat penggugur kehamilan. Namun, sering juga obat ini dikonsumsi untuk mengatasi masalah luka di lambung. Nah, mengonsumsi obat ini secara tidak langsung bisa membahayakan kehamilan karena bisa memicu kontraksi bahkan pendarahan pada rahim. Sebelum bertanya harga cytotec, sebaiknya simak dulu pembahasan kami berikut ini.

Obat cytotec merupakan obat yang memberikan efek samping berupa embriotoksisitas. Artinya, obat tersebut risikonya tinggi karena dapat menyebabkan janin terlahir dalam keadaan cacat. Pemberian obat cytotec pada trimester awal kehamilan saat Anda ingin menyembuhkan luka di lambung berpotensi memicu berbagai masalah kehamilan, antara lain:

  • Lahir prematur.
  • Bayi lahir di dalam kandungan.
  • Bayi lahir dalam keadaan cacat.
  • Kerusakan rahuim/
  • Sindrom Moebius.
  • Amniotic Band Syndrome (ABS) atau cairan di dalam air ketuban jumlahnya sedikit.

Bagi pasien yang sedang berencana memiliki anak sebaiknya harus mendapatkan informasi tentang risiko yang ditimbulkan akibat konsumsi cytotec. Kalau pasian hamil ketika sedang mengonsumsi obat cytotec maka harus ada tindakan pengobatan sesegera mungkin. Pasalnya obat cytotec ini memiliki risiko terhadap kehamilan kategori X. Artinya, memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap kehamilan dan menyebabkan keguguran.

Semisal Anda sedang menyusui, obat cytotec gresik tidak disarankan untuk dikonsumsi. Selain berisiko terhadap kehamilan, obat ini dapat terserap ke dalam air susu ibu sehingga masuk ke dalam tubuh buah hati. Beberapa ahli menyatakan jika obat cytotec yang ada di dalam ASI berpotensi menyebabkan diare pada buah hati.

Kalaupun Anda sedang mengonsumsi obat lain dan berinteraksi langsung dengan cytotec bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Berikut adalah efek samping penggunaan cytotec pada obat lainnya.

  • Memperparah efek samping diare apabila Anda mengonsumsi cytotec bersamaan dengan antasida dengan kandungan ion magnesium.
  • Meningkatkan efek kontraksi otot rahim, jika Anda konsumsi bersamaan dengan obat oksitoksin atau obat untuk keperluan induksi persalinan.

Cukup sudah penjelasan singkat pada kesempatan kali ini. Semoga dengan uraian di atas Anda bisa bersikap bijak dalam menggunakan obat cytotec untuk beberapa keperluan. Terima kasih atas perhatiannya.