Cara pintar menghemat Air Agar Tagihan PDAM anda tidak membengkak

Salah satu sumber kehidupan kita adalah air, kita tidak bisa hidup tanpa air. Air memiliki peranan yang vital, tidak hanya dipergunakan untuk membuat makanan dan minuman juga dipergunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya diperuntungkan mencuci baju dan masukan untuk minuman, Akan tetapi pengunaan air yang terkadang tidak terkendali sehingga saat cek tagihan air PDAM secara langusng ataupun secara online, Anda mendapati tagihan yang membengkak. Agar lebih mudah, Anda bisa mengecek tagihan air rumah Anda di situs PDAM yang resmi.

 

Tagihan yang membengkak tersebut tidak hanya disebabkan karena borosnya pengunaan air untuk sehari-hari namun juga karena adanya kenaikan harga per meter kubik yang berasal dari PDAM. Untuk menurunkan tagihan air tersebut, ada beberapa cara yang terbukti bisa membantu untuk menurunkan tagihan ir PDAM. Pertama adalah dengan menggunakan shower. DI Indonesia sebagian besar rumah masih menggunakan gayung dibandingkan menggunakan shower. Namun, air yang digunakan untuk mandi jika menggunakan gayung lebih banyak dibandingkan jika menggunakan shower, karena pengunaan shower 20 detik sama dengan mengunakan 1 gayung ai sehimgga air terbuang jika menggunakan shower lebih sedikit.

Kedua adalah klep tablok dan penurunannya bisa menurun hingga 3-4 meter kubok. Alat yang disebut juga dengan check valve ini adalah alat yang memiliki pmanfaat sebagai katup yang berfungsi untuk mencegah aliran air balik keluar. Pemasangan alat ini yaitu di bagian setelah meteran air Anda. Check Valve akan bekerja bisa lebih optimal jika:

 

  1. Bangunan rumah Anda tinggi sehingga pemasangan kran juga bisa lebih tinggi.
  2. Menggunakan kran apung atau kran otomatis
  3. Menggunakan tendon atas tinggi serta tidak memiliki tendon air bawah
  4. Air suasah atau sering mati

 

Pada dasarnya, check velve ini memiliki prinsip saat air masuk meteran akan berputar dan menghitung dan jika air keluar dari arah meteran maka meteran air tersebut tidak berputar dan otomatis tidak akan menghitung. Jika air sering masuk dan keluar dari meteran maka meteran air tersebut tetap menghitung air masuk namun tidak menghitung air keluar. Jika alat bekerha dengan baik maka saat anda melakukan cek tagihan PDAM, anda akan mendapatkan tagihan anda menurun.

 

Ketiga adalah dengan mematikan keran. Saat sedang mencuci tangan ataupun menyikat gigi, terkadang Anda mebiarkan keran terus menyala dan terbuka sehingga membuat air tersebut keluar terus. Karena hal tersebut, air menjadi terbuang percuma dan tagihan Anda tetap akan meningkat. Keempat adalah bijak dalam mencuci terutama jika menggunakan mesin cuci. Anda bisa menunggu agar pakaian kotor Anda menumpuk terlebih dahulu kemudian mencucinya daripada Anda mencuci setiap hari namum pakaian kotor yang dicuci hanya beberapa, Solusi yang lain adalah dengan menggunakan mesin cuci yang dilengkapi dengan teknologi hemar air sehingga air yang Anda pergunakan juga semakin sedikit.

 

Ada beberapa cara lain untuk menghemat air PDAM sehingga saat cek tagihan PDAM, tagihan anda membengkak. Yaitu:

 

Perhatikan jika saat anda mandi. Walaupun sudah mengunakan shower namun jika anda membuang-buang air misalnya mandi berlamaplama dan tidak menutup kran shower saat tidak dipergunakan, maka pengunaan air juga akan lebih banyak sehingga tagihan bisa membengkak. Cek segera dan perbaiki kebocoran yang terkadang luput diketahui dan menyebabkan Anda kaget kareba tagihan yang meninggi.

Author: Jenny Williamson