Cara Alami Mengobati Sakit Telinga Pada Anak karena Infeksi

Anak balita memang sangat rentan untuk terserang penyakit. Apalagi jika kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Salah satunya adalah infeksi telinga. Anda tidak bisa hanya mengandalkan antibiotik untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa cara alami untuk mengobati sakit telinga pada anak yang disebabkan karena infeksi.

Tunggu dan Amati

Menurut Academy of Pediatrics ketika telinga anak mengalami infeksi sebaiknya Anda menunggu dan memantau kondisi jika anak menderita infeksi ringan. Tindakan tersebut disarankan daripada Anda langsung memberikan minum antibiotik.

Dokter sendiri biasanya juga akan menunggu selama 24 hingga 48 jam untuk melihat perkembangan infeksi pada buah hati Anda. Bahkan ada juga dokter yang menunggu hingga 72 jam.

Irisan Bawang

Anda mungkin merasa pemberian irisan bawang adalah tindakan yang aneh. Perlu Anda ketahui bahwa bawang memiliki zat antimikroba yang mampu memerangi infeksi. Potonglah bawang merah menjadi dua bagian kemudian rendam dengan air hangat hingga empuk. Selanjutnya bungkus bawang dengan kain dan letakkan pada telinga anak selama anak Anda bisa menahan.

Minyak Bawang Putih

Menurut hasil penelitian bawang putih memiliki zat anti peradangan yang mampu meredakan rasa sakit dan juga melawan sakit. Anda bisa meneteskan minyak ke dalam telinga anak sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Sebaiknya Anda membeli minyak bawang yang disediakan di toko kesehatan maupun apotek. Jangan pernah mencoba membuatnya sendiri karena bawang putih justru bisa menyebabkan iritasi.

Akupresur dan Minyak Esensial

Minyak esensial yang memiliki aroma lavender mampu mengurangi peradangan. Hal tersebut dapat terjadi jika digunakan dengan akupresur sehingga mampu meredakan infeksi telinga. Letakkan titik akupresur pada bagian muka dan belakang telinga, antara ibu jari dan telunjuk.

Gunakan Pelembab Ruangan

Penggunaan pelembab ruangan akan mampu melawan udara kering dari luar. Tindakan tersebut akan mengurangi pembekakan dan juga melembabkan membran dan juga lendir tipis pada tuba Eustachian.

Tambahkan Bantal

Cara ini bisa jadi adalah cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menangani sakit telinga pada anak. Anda hanya perlu menambahkan bantal pada tempat tidur buah hati. Tujuannya adalah agar cairan yang disebabkan oleh infeksi telinga bisa mengalir turun.

Vitamin C

Pembengkakan pada telinga anak bisa Anda kurangi dengan memberikan suplemen vitamin C. Namun disarankan Anda menanyakan terlebih dahulu kepada dokter mengenai dosis yang haru Anda berikan kepada anak. Hal tersebut karena pemberian vitamin C yang berlebihan bisa menyebabkan anak diare.

Pengobatan Homeopatik

Pengobatan homeopatik atau lebih dikenal dengan pengobatan alternatif. Pengobatan ini muncul pada abad ke-18 yang diciptakan oleh Samuel Hahnemann. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengobatan ini bisa menyembuhkan infkesi telinga pada anak dan bekerja dengan lebih cepat dari antibiotik.

Itulah cara alami mengobati sakit telinga pada anak karena infeksi yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa mengunjungi situs Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya mengenai kesehatan buah hati Anda.

Author: Jenny Williamson